Peran Organisasi dan Metode
Organisasi Dalam Sebuah Perusahaan
Pengertian Organisasi :
- Organisasi menurut Stoner adalah : suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
- Organisasi menurut James D. Mooney adalah : bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Organisasi Menurut Chester I. Bernard adalah : suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Ciri-ciri organisasi :
1.
Terdiri daripada dua orang atau
lebih
2.
Ada kerjasama
3.
Ada komunikasi antar satu anggota
dengan yang lain
4.
Ada tujuan yang ingin dicapai
Selain itu Suatu organisasi harus memuat 4 unsur utama,
yaitu:
1.
Goals oriented (berorientasi tujuan)
2.
Psychosocial system (sistem hubungan
sosial)
3.
Structured activities
4.
Technological system.
Metode
:
·
Berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan
secara efisien.
Pengertian
organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus
dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan
bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan
dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah
ditetapkan.
Teori Organisasi
1. Teori
Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep
tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh
para teoritisi klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya
terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku
tidak mengandung kreativitas.
a. Teori
Birokrasi
Teori
ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit
of Capitalism. Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional.
Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan
prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut
rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai
tujuan tersebut.
b. Teori
Administrasi
Teori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar
sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari
Amerika.
Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun
1841-1925 mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan
teori administrasi adalah :
·
Pembagian kerja (division of work)
·
Wewenang dan tanggung jawab
(authorityand responsibility)
·
Disiplin (discipline)
·
Kesatuan perintah (unity of command)
·
Kesatuan pengarahan (unity of
direction)
·
Mendahulukan kepentingan umum
daraipada pribadi
·
Balas jasa (remuneration of
personnel)
·
Sentralisasi (centralization)
·
Rantai scalar (scalar chain)
·
Aturan (oreder)
·
Keadilan (equity)
·
Kelanggengan personalia (stability
of tenure of personnel)
·
Inisiatif (initiative)
·
Semangat korps (spirit de corps)
MACAM ORGANISASI DARI SEGI TUJUAN DAN LUAS WILAYAHNYA
1.
ORGANISASI NIAGA
·
Organisasi yang tujuan utamanya
mencari keuntungan.
Macam-macamnya
yaitu :
o
Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan
Terbatas (PT) adalah suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang
memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya
memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari
saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat
dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.
o Perseroan
Komanditer (CV)
Persekutuan
Komanditer (commanditaire
vennootschap atau CV) adalah suatu persekutuan yang
didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang
atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.
o
Firma (FA)
o
Koperasi
o
Join venture
o
Holding Company
2.
Organisasi
sosial dan organisasi kemasyarakatan
·
Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
Peran
Organisasi :
Jadi
secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk
mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang
ada. Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama,
agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Berdasarkan
arti dari organisasi yang diungkapkan oleh beberapa orang diatas, peran
organisasi dalam sebuah perusahaan sangatlah penting, karena perusahaan didirikan
untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan untuk mencapai tujuan tersebut
dibutuhkan aktifitas, kerja sama, dan tentu saja orang yang melakukan aktifitas
tersebut atau sumber daya manusia yang ketiga unsur ini terdapat dalam sebuah
organisasi. Kesimpulanya, suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu
membutuhkan organisasi didalamnya agar bias tercapai tujuan tersebut.
Peran
Metode :
Setelah
mengetahui arti dari Metode itu
sendiri, ktia bisa langsung menyimpulkan bahwa selain peran organisasi, metode
tidak kalah penting perannya didalam sebuah perusahaan. Dengan adanya metode
dalam sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut akan lebih mudah dan teratur
dalam mencapai tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan. Namun menurut saya,
ada beberapa factor yang mendukung untuk berjalannya suatu metode yang
digunakan dalam sebuah perusahaan atau organisasi, antara lain : organisasi
yang baik dan pemimpin organisasi yang tentunya juga harus baik dalam memimpin,
sumber daya manusia yang berkualitas untuk melakukan kerja sama agar tercapai
suatu tujuan, teori organisasi yang dipakai harus sesuai dengan jenis atau
bentuk organisasi yang dibentuk di dalam perusahaan tersebut. Dengan demikian
perusahaan tersebut akan lebih mudah dalam mencapai tujuanya serta akan lebih
terstruktur dan rapih karena memiliki metode dalam organisasi nya.
Kesimpulan :
Peran
organisasi dan metode yang baik dalam suatu perusahaan sangat penting untuk
tercapainya tujuan, visi dan misi perusahaan tersebut.
Sumber
:
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking